6/26/14

Pengertian Tentang FTP (File Transfer Protocol)



1.      pengertian FTP ( File Transfer Protocol )
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- updlot berkas- berkas yang ia kehenaki

untuk mencoba silahkan download FTP server disini
2.      Fungsi FTP
File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang men-support TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang request koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar-menukar file (uploaddandownloadfile).
FungsiFTPserveradalahsebagaiberikut :
  1.      Untuk men-sharing data.
  2.      Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  3.      Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
  4.      Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
3.      Cara kerja FTP 
a)      Portstandard FTP adalah 21 (pada server).
b)      Pada sisi server, ftp server menunggu incoming connection di port 21 (default).
c)      FTP client mencoba connect ke ftp server (daemon) dengan memasukan user password nya (biasanya FTP memang memiliki suatu autentikasi tersendiri.)
d)      FTP server men-check apakah si user dan password nya valid, Jika valid maka akan berlanjut ke step berikutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user/password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi akan diputuskan.
e)      Setelah user tervalidasi maka ftp client dapat men-download/men-upload atau pun mendelete file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.

Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan “mendengarkan” percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk:
  1.       membuat sebuah koneksi antara klien dan server
  2.       untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga
  3.       mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga dapat menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

4.      Kelemahan FTP
     Berdasarkan azas kerjanya, protokol ini hanya utk modus transfer data, tidak  lebih. Tidak  seperti  windows explorer, yanh langsung bisa buka  dokument. Bisa pun dibuka, tapi dalam format editor text. Bisa-bisa file word document dilihat terpotong
.       5.   Pengertian Bandwidth
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponensinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyaiBandwidth sekitar 6 MHz. Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second. Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.

6.      Perbedaan internet dan web

Perlu digaris bawahi, bahwa internet tidak sama dengan web. Internet adalah sebuah jaringan komputer globak, yang terdiri dari jutaan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan protokol yang sama untuk berbagi informasi secara bersama. Jadi internet merupakan kumpulan atau penggabungan jaringan komputer lokal atau LAN menjadi jaringan komputer global atau WAN. Jaringan-jaringan tersebut saling berhubungan atau berkomunikasi8 satu sama lain dengan berbasiskan protokol IP (Internet Protocol) dan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol), sehingga setiap pengguna pada setiap jaringan dapat mengakses semua layanan yang disediakan oleh setiap jaringan. Dengan menggunakan protocol tersebut arsitektur jaringan komputer yang berbeda akan dapat saling mengenali dan bisa berkomunikasi. 
Sedangkan Web atau lengkapnya www (world wide web) adalah sebuah koleksi keterhubungan dokumen-dokumen multimedia yang disimpan di internet dan diakses menggunakan protocol (http). Intinya bahwa pengguna internet bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas informasi dengan biaya murah tanpa harus datang secara langsung ke tempatnya. Informasi yang dapat diakses dapat berupa teks, gambar atau image, animasi, video, suara, atau kombinasi di antaranya dan bahkan komunikasi bisa dilakukan secaralangsung dengan suara dan video sekaligus.

7.      Fungsi Cpanel
cPanel didesain untuk berfungsi pada dedicated server ataupun virtual private server yang bisa digunakan pada Sistem Operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Aplikasi-aplikasi didukung cPanel termasuk Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.
Dalam bahasa yang lebih mudah C Panel adalah sebuah pusat kendali dari sebuah akun hosting. Setelah kita membeli sebuah paket hosting, maka kita akan di beri sebuah akun akses Cpanel. Dari Cpanel sinilah kita bisa melakukan bermacam fungsi dari fitur yang tersedia di dalam cpanel, misal mengupload website ( lewat file manager ) , mengimpor / ekspor database, melakukan backup keseluruhan  membuat akun email, menambah domain / sub domain dan lain sebagainya.

8.      yang saya ketahui tentang ws-FTP yaitu
 WS_FTP adalah perangkat lunak klien FTP buatan Ipswitch, Inc. untuk sistem operasi Microsoft Windows. WS_FTP adalah singkatan dari  WinSock File Transfer Protocol. Antarmuka grafis WS_FTP terdiri dari dua bagian:  bagian kiri yang menampilkan isi dari komputer lokal dan bagian kanan yang menampilkan isi dari komputer yang terkoneksi.

1 comment: